Senin-Jum'at: 07.30 - 21.00 Sabtu : 08.00 - 16.00 Minggu: 08.00 - 16.00
081381752588
081381752588
Jumlah = pcs
Keranjang

Memilih Mimbar Kayu Jati Yang Perlu Diperhatikan

Memilih Mimbar Kayu Jati Yang Perlu Diperhatikan
Kategori Mimbar Atap Kubah, Mimbar Masjid, Mimbar Masjid 2020
Di lihat 187 kali
Harga Rp (Hubungi CS)

Tips Penting Dalam Memilih Mimbar Kayu Yang Perlu Diperhatikan – Mimbar merupakan salah satu komponen yang cukup penting bagi perkakas Masjid. Mimbar memiliki fungsi utama sebagai tempat bagi imam untuk melakukan khutbah atau ceramah. Keberadaan mimbar juga bisa menjadi salah satu ornamen penghias untuk melengkapi rumah ibadah agar semakin tampak indah dan juga elegan.

Video detail

Secara umum, jenis mimbar yang biasa digunakan pada rumah-rumah Ibadah adalah mimbar yang terbuat dari kayu. Mimbar yang terbuat dari bahan kayu akan cenderung lebih kokoh dan juga bisa menambah nilai seni dan estetika pada masjid atau rumah ibadah. Jenis mimbar yang terbuat dari kayu banyak digemari karena selain kokoh juga bisa dilengkapi dengan ukiran-ukiran indah dan sedap untuk dipandang mata.

Memilih mimbar tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rangka untuk memilih mimbar. Jika pemilihan mimbar dilakukan secara serampangan maka dikhawatirkan akan bisa mendapatkan mimbar yang tidak sesuai dengan kenyatan. Agar tidak terjebak pada pemilihan mimbar yang serampangan, berikut adalah beberapa tips memilih mimbar kayu yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Perhatikan Jenis Kayu Yang Digunakan Untuk Mimbar

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu unsur penting dalam memilih mimbar adalah penggunaan jenis kayu yang digunakan. Terdapat cukup banyak jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat mimbar. Salah satu jenis kayu yang cukup ampuh untuk dibuat menjadi mimbar adalah kayu jati. Kayu ini dipandang sebagai salah satu jenis kayu yang memiliki kualitas cukup tinggi dan juga terbaik untuk dibuat menjadi furniture.

Memilih jenis kayu yang berkualitas adalah kunci yang sangat penting karena selain menentukan kualitas mimbar yang didapat, juga akan bisa menentukan rentang usia dan kekuatan dari mimbar yang bersangkutan. Mimbar yang dibuat dengan menggunakan jenis kayu berkualitas tentu akan memiliki daya tahan yang cukup bagus serta memiliki rentang usia penggunaan yang cukup lama.

Terdapat cukup banyak indikator yang bisa digunakan untuk menilai kualitas kayu untuk mimbar. Mulai dari berat, pepat, ataupun garis-garis tahun yang terlihat pada kayu. Kayu yang memiliki kualitas baik, cenderung memiliki lingkar tahunan dengan warna yang cenderung lebih pekat. Warna lingkar tahun yang lebih pekat mengindikasikan usia kayu yang cukup tua sehingga tidak mudah lapuk ataupun rapuh.

Model Mimbar Yang Sesuai

Hal berikutnya yang penting untuk diperhatikan dalam memilih mimbar kayu adalah pemilihan model yang sesuai dengan kebutuhan. Tentu terdapat cukup banyak model mimbar yang bisa Anda temui di pasaran. Terdapat model yang kecil, minimalis, pun ada juga yang model dengan ukuran cukup besar. Pun ada juga desain yang dilengkapi dengan kubah penutup mimbar dan ada juga yang tanpa dilengkapi kubah penutup tersebut.

Sebelum memilih mimbar, pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan juga ukuran yang pas. Pemilihan ukuran mimbar harus disesuaikan dengan kapasitas ruangan yang tersedia. Sebaiknya jangan memilih ukuran mimbar yang terlalu mepet dengan ukuran ruang yang ada karena hal ini akan membuat ruang menjadi terlihat sesak. Kondisi ruang yang menjadi sesak dan penuh tentu akan membuat menjadi tidak nyaman terutama bagi iman atau pengkhutbah.

Sebagian mimbar ada yang memiliki model langsung dengan tempat duduknya. Pun ada juga mimbar yang tidak menyediakan tempat duduk dalam satu kesatuan. Jika ruang untuk menempatkan mimbar mencukupi, sebaiknya memilih mimbar dengan desain model yang sudah langsung menyatu atau dilengkapi dengan tempat duduk khusus untuk iman atau penceramah.

Tentu hal ini akan membuat proses ceramah menjadi lebih praktis karena Anda tidak harus menyediakan kursi tambahan pada mimbar. Desain model mimbar yang langsung dibekali dengan tempat duduk akan menjadi solusi yang praktis karena tempat untuk duduk penceramah sudah tersedia dan menyatu serta cukup terlindung dibalik mimbar.

Pola Desain Ukiran Yang Sedap Dipandang Mata

Tidak bisa dipungkiri bahwa desain ukiran yang ada pada mimbar kayu merupakan unsur yang cukup penting bagi ornament pada mimbar. Disuka ataupun tidak, pola desain dan juga ukiran yang ada pada mimbar akan menjadi nilai estetik tersendiri bagi yang memandang. Desain ukiran mimbar yang unik dan cantik tentu akan semakin membuat tampilan mimbar menjadi indah dan tidak terkesan monoton.

Cukup banyak masjid dan juga rumah ibadah yang memiiki desain tampilan ukiran mimbar yang cukup unik. Desain ukiran yang unik dan memiliki ciri khas biasanya akan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para jamaah dan juga orang-orang yang melihatnya. Sebuah mimbar untuk masjid, sudah seharusnya memiliki ukiran khas berupa kalimat dalam tulisan arab. Dua unsur ukiran arab yang senantiasa ada pada mimbar adalah kalimat tulisan Allah dan Muhammad Rasullulah.

Keberadaan ukiran-ukiran kalimat Allah dan Rasul-Nya ini merupakan implementasi dari nilai-nilai keisalaman. Tentu hal ini tidak lain dan tidak bukan karena masjid adalah tempat ibadah yang utama bagi umat islam. Sangat disarankan untuk teliti dan mengecek kembali ukiran-ukiran yang menggunakan bahasa arab. Tentu hal ini agar ukiran yang dituliskan tersebut benar dan sesuai dengan kaidah penulisan aksara arab, apalagi jika ukiran tersebut mengutip ayat dalam Al Quran.

Harga Yang Kompetitif Dan Sesuai Kualitas

Faktor penting berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih mimbar kayu adalah dengan memperhatikan harga yang disesuaikan dengan kualitasnya. Memilih mimbar dengan harga yang kompetitif adalah suatu langkah penting yang perlu senantiasa diperhatikan. Dengan semakin banyaknya pengrajin yang bisa memproduksi  mimbar, maka Anda akan bisa lebi leluasa dalam memilih dan membeli mimbar setelah melalukan pembandingan harga.

Mimbar dengan kayu yang berkualitas biasanya cenderung akan memiliki harga yang lebih mahal. Sebagai contoh adalah pada mimbar yang menggunakan bahan berupa kayu jati. Untuk kayu jati yang berkualitas, biasanya akan dipatok dengan harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya. Tentu hal ini adalah sesuatu yang wajar mengingat kayu jati memiliki kualitas yang cukup unggul.

Kayu jati yang baik dan berkualitas biasanya akan memiliki ciri berupa lingkar tahun yang berwarna tua dan kayu akan cenderung lebih berat. Dua hal ini bisa dijadikan sebagai landasan dalam menilai kualitas mimbar berbahan kayu jati yang akan Anda beli. Meskipun begitu, Anda tidak boleh juga serta-merta mengabaikan indikasi yang lain agar tetap mendapatkan mimbar berbahan kayu yang berkualitas.

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih mimbar kayu yang perlu diperhatikan dan juga dicermati. Memilih mimbar memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Diperlukan ketelitian, kecermatan, dan juga kehati-hatian agar bisa mendapatkan mimbar kayu yang berkualitas dan memiliki desain sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Mimbar dengan kualitas yang baik tentu akan menjadi nilai tambah bagi masjid atau tempat ibadah sehingga menambah kesan keislaman yang semakin melekat padanya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)