Senin-Jum'at: 07.30 - 21.00 Sabtu : 08.00 - 16.00 Minggu: 08.00 - 16.00
081381752588
081381752588
Jumlah = pcs
Keranjang

Mengenal Desain dan Keunggulan Mimbar Masjid Jati Jepara Berkualitas

Mengenal Desain dan Keunggulan Mimbar Masjid Jati Jepara Berkualitas
Kategori Mimbar Masjid, Mimbar Masjid 2020
Di lihat 121 kali
Harga Rp (Hubungi CS)

Mengenal Desain dan Keunggulan Mimbar Masjid Jati Jepara. Ukiran Khas Jepara yang sudah terkenal keindaha dengan kayu jati yang memiliki tekstur kuat dan tahan lama, walaupun menggunakan warna alami. Apabila di tambahkan warna emas dan ornamen tambahan lainnya, mimbar akan tampak semakin mewah.

Anda bisa menyesuaikan bentuk dan ukuran sesuai keingin dan kebutuhan masjid. Tidak ada ukuran standar dalam membuat sebuah mimbar. Semuanya bisa disesuaikan dengan permintaan  dan anggaran.

Mimbar sebagai bagian dari masjid  merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Meskipun  pengguna mimbar masjid dalam sebuah  ceramah  bukanlah suatu keharusan  tetapi demi menjaga konsentrasi para jamaah yang hadir, penggunaan mimbar dirasakan sangat penting  bagi pengurus masjid.

Design mimbar masjid yang indah, bisa anda jumpai di masjid dan mushola di tanah air. Bentuknya yang beraneka ragan dengan dihiasi berbagai ornamem menarik pada bidang mimbar, membuat betah mata yang memandang.

Bahan mimbar yang rata-rata terbuat dari kayu dengan  hiasan ukiran berbagai bentuk dan warna.  Design yang digunakan beraneka macam. Mulai dari design minimalis yang sederhana, sampai bentuk ukiran artistik yang rumit.

Secara garis besar bentuk deisgn dari mimbar masjid jati jepara bisa dibedakan atas beberapa jenis.

Model Minimalis

Model ini sempat menjadi model  yang banyak dicari pada tahun 2019 kemarin. Bentuk mimbar yang sederhana tetapi elegan. Hal ini karena ukuran yang menempel pada bagian depan mimbar yang membuat kesan mewah.

Bahan yang digunakan  memakai kayu jati yang sudah terkenal karena kekuatan dan keindahannya.  Hanya dengan warna dasar cat kayu, mimbar ini sudah  memberikan kesan berwibawa.

Model Ukir Jepara

Model yang Satu ini sesuai namanya menampilkan  ukuran jepara yang khas diseluruh  permukaannya.  Ukiran yang tebal dan dalam menghiasi dinding  mimbar. Motif ukiran dipadukan dengan  tulisan arab, membuat kesan sakral tampak dari mimbar. Mimbar buatan furniture Jepara ini, memang sudah terkenal ke banyak tempat di tanah air karena keindahan dan kekuatan yang tidak diragukan lagi.

Model Mimbar Kubah Mewah

Dari namanya sudah terbayang  model mimbar yang satu ini dipayungi oleh Sebuah  kubah yang mewah. Mimbar model ini memiliki ukuran lebih besar  dari model mimbar biasanya. Hal ini karena  kubah membutuhkan  penyangga yang kuat, agar bisa bertahan berdiri.

Kubah yang memayungi mimbar dihiasi dengan berbagai  ornamen berbentuk ukiran yang kaligrafi huruf arab dan bunga. Lalu diberikan cat berwarna  kuning keemasan yang makin menonjolkan kemewahan.

Jika anda ingin menggunakan mimbar model kubah ini ada baiknya perhatikan luas ruangan yang tersedia.  Agar memberikan kesan indah dan seimbang. Minimal ruangan yang digunakan mimbar ini sekitar 2m untuk  lebarnya dan  270cm untuk tinggalnya. Jika kurang  dari luas ini sebaiknya memilih mimbar dengan model yang lebih kecil.

Mimbar Depan Marmer

Model mimbar masjid jati jepara yang satu ini termasuk yang memiliki model tanpa kubah. Ukuran mimbar ini lebih kecil dari mimbar kubah sekitar  100 cm x 80 cm. Tidak terlalu kecil juga tetapi cukup untuk ukuran standar mimbar.

Modelnya masih dihiasi dengan ukiran jepara pada bagian depan yang dipadukan dengan  ornamen terbuat dari marmer yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya.  Sehingga modelnya menjadi unik dan tidak pasaran.

Model Mimbar Arab

Huruh arab yang disusun  dalam bentuk kaligrafi lalu diukir diatas kayu yang ditempelkan di bagian depan dan samping mimbar. Membuat tampilan mimbar indah. Anda pencinta kaligrafi arab tentu memahami tingkat kesulitannya.

Mimbar ini walaupun sederhana tetapi  pantas untuk digunakan pada acara resmi. Tampilan mewah tampak dari ukiran kali grafik dan warna kuning keemasan pada setiap hurufnya. Anda bisa juga memesan hiasan tulisan arab sesuai keinginan.

Untuk mendapatkan mimbar yang sesuai dengan keinginan memang  perlu berdiskusi dengan para jamaah majlis lainnya. Tetapi jangan tergiur harga murah jika nantinya akan mengecewakan semuanya anggota majelis. 

Memang tidak harus megah untuk beribadah yang terpenting adalah keikhlasan dan ketulusan.  Tetapi jika bisa memberikan yang terbaik, kenapa tidak? Seperti mempersiapkan  mimbar masjid yang indah untuk sebuah  majelis ilmu.

Ada banyak jenis mimbar untuk khutbah, tetapi mimbar yang satu ini, menjadi produk yang banyak peminatnya. Hal itu karena ukiran Jepara yang memiliki beberapa kelebihan.

  • Terkesan hidup

Para pengerajin ukiran jepara, termasuk untuk ukiran pada mimbar masjid jati Jepara adalah generasi yang turun temurun. Keahlian ini diajarkan dari satu generasi kepada generasi berikutnya.

Tingkat ketelitian para pengerajin ini sangat tinggi sehingga dihasilkan ukiran yang sangat indah dan terkesan hidup. Setiap bagian ukiran dikerjakan sangat detail, sehingga gambar yang terbentuk tampak nyata.

Keahlian mengerjakan lukisan ini didapatkan dengan proses latihan yang panjang. Bahkan sejak masih usia remaja, generasi muda telah dilatih mengerjakan ukiran jepara ini. Anda tidak akan kecewa dengan motif mimbar yang didapatkan.

Tidak harus berbentuk klasik, motif ukiran juga bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli. Bahkan saat ini sudah ada berbagai bentuk hasil inovasi para pengerajin, yang tentu saja sama indahnya.

  • Corak unik

Salah satu corak unik dari ukiran jepara adalah motif daun trubusan. Ini adalah tanaman menjalar yang diabadikan, ciri khas motif ini adalah daunnya yang lebar memanjang dengan ujung lancip dan tangkai kecil.

Motif ini sering digunakan dalam ukiran mimbar untuk khutbah. Bentuknya yang klasik dan elegan menjadi corak yang abdi sepanjang masa. Anda bisa menemukan motif ukiran ini pada dinding dan atap mimbar.

Selain itu ada beberapa motif lainnya yang sering digunakan seperti daun jumbai dan tangkai relung. Corak ini juga selalu dipadankan dengan motif merak yang memperlihatkan kemewahan sebuah ukiran.

  • Teknik Pewarnaan

Keindahan sebuah lukisan tidak akan tampak, tanpa pewarnaan yang indah. Untuk mendapatkan hasil pewarnaan yang indah dibutuhkan teknik pewarnaan yang tepat. Ini yang dilakukan pada pewarnaan mimbar masjid jati Jepara.

Dengan teknik pewarnaan yang tinggi hasil ukiran dan seluruh bidang mimbar diwarnai. Pengolesan cat lapis demi lapis dengan penuh kesabaran, tiap detailnya dikerjakan dengan teliti.

Tidak ada satu bagian pun yang terlewat, sehingga keindahan akan muncul secara keseluruhan. Sebuah karya seni yang telah diakui di banyak tempat, bahkan hingga ke mancanegara. Warna yang diberikan akan bertahan lama.

  • Kuat

Kayu jati dan kayu mahoni sebagai bahan dasar yang digunkan untuk membuat mimbar, sudah terkenal kan kekuatannya. Kekuatan ini didapatkan karena stuktur kayu ini yang terbilang padat dan keras.

Ini akan membuat mimbar masjidanda dapat tahan lama, tidak mudah rusak dan patah. Sehingga biaya perawatan yang dibutuhkan tidaklah besar. Anda hanya perlu membersihkan mimbar dengan kain lap dan menjaganya selalu kering.

Iklim tropis membuat pemangsa kayu bernama rayap mudah hidup dan berkembang biak. Dengan menggunakan kayu yang keras tidak mudah bagi rayap untuk dapat menghancurkannya, sehingga mimbar masjid akan aman.

Inilah seputar desain da keunggulan mimbar masjid jati jepara yang bisa Anda ketahui. Banyak sekali keistemewaan yang kelebihan jika Anda menggunakan bahan yang berkualitas seperti ini. Bahan yang terjamin awet, kuat dan tahan lama.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)