Senin-Jum'at: 07.30 - 21.00 Sabtu : 08.00 - 16.00 Minggu: 08.00 - 16.00
081381752588
081381752588
Jumlah = pcs
Keranjang

Mimbar Masjid Minimalis yang Sesuai Dengan Pilihan

Mimbar Masjid Minimalis yang Sesuai Dengan Pilihan
Kategori Mimbar Masjid, Mimbar Minimalis, Podium Mimbar
Di lihat 132 kali
Harga Rp (Hubungi CS)

Mimbar Masjid Minimalis – Seperti yang sudah anda ketahui, keberadaan mimbar di masjid memang sudah menjadi keharusan, sebab mimbar digunakan sebagai sarana untuk melaksanakan khutbah saat shalat jumat dan shalat perayaan hari raya Islam. Kebanyakan mimbar masjid terbuat dari kayu jati yang berkualitas dan biasanya terdapat ukiran di beberapa titik. Ukiran yang dipakai pun khusus, yaitu berlafadzkan doa, ayat-ayat suci, atau yang berhubungan dengan Islam. Kayu jati ini dipilih karena memiliki tekstur kayu yang kuat dan kokoh sehingga mimbar masjid pasti memiliki daya pakai yang lama. Dengan adanya ukiran kaligrafi pada mimbar masjid akan memiliki kesan yang mewah. Mimbar masjid juga memiliki model yang sangat beragam, salah satunya yaitu model minimalis. Model ini termasuk yang paling laris di pasaran sebab memiliki model yang sederhana dengan ukiran yang cenderung lebih sedikit.

Memilih Mimbar Masjid yang Tepat

Pada awalnya mimbar merupakan sebuah gundukan sebagai tempat duduk Nabi Muhammad SAW. Pembuatan gundukan tersebut dilatarbelakangi saat Nabi Muhammad SAW sedang menyampaikan khutbah jumat. Karena isi khutbahnya cukup panjang, Nabi Muhammad SAW seringkali merasa kelelahan sebab harus berdiri dalam waktu yang lama. Kemudian Nabi Muhammad SAW menancapkan sebuah batang kurma di tempat beliau berdiri. Batang kurma tersebut digunakan untuk bersandar saat beliau menyampaikan khutbah. Beberapa saat kemudian, seorang sahabat menawarkan diri untuk membuatkan sebuah dudukan untuk Nabi Muhammad SAW.

Dudukan ini dibuat agar Nabi Muhammad SAW merasa lebih nyaman ketika menyampaikan khutbah. Selain itu, dudukan beliau saat itu dibuat lebih tingggi agar seluruh jamaah bisa melihat Nabi Muhammad SAW berkhutbah. Ini berarti mimbar yang saat ini dikenal menjadi tempat khatib menyampaikan khutbah di masjid sebenarnya sudah ada sejak dulu. Tepatnya yaitu ketika Nabi Muhammad SAW membangun sebuah masjid di Madinah, yaitu masjid Nabawi. Berbeda dengan zaman dulu yaitu mimbar masih terbuat dari tumpukan batu bata dan kayu dari pelepah kurma, saat ini sudah mulai berubah. Orang-orang mulai mengkreasikannya dengan kebudayaan masyarakat, salah satunya yaitu seni ukir. Nah, dengan adanya ukiran pada mimbar masjid tentunya akan menambah daya jual dan daya minat masyarakat. Warna yang digunakan pun beragam, seperti putih, coklat tua, coklat muda, dan hitam. Untuk model minimalis, mimbar masjid kebanyakan memiliki warna coklat dengan ukiran yang sederhana dan cenderung sedikit.

Tips Mendapatkan Mimbar Minimalis yang Sesuai

Dari waktu ke waktu semakin banyak orang yang menjual mimbar masjid minimalis. Dengan adanya hal tersebut, anda harus lebih teliti dalam memilih mimbar dengan kualitas terbaik. Jangan kesampingkan kualitas dan tergiur oleh penawaran harga murah. Karena sejatinya harga juga mempengaruhi kualitas suatu barang. Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika hendak membeli mimbar masjid minimalis agar mendapatkan dengan kualitas terbaik. Berikut ini penjelasannya:

  1. Perhatikan dahulu ukuran masjid

Penggunaan mimbar pada masjid jangan sampai memakan tempat yang banyak, Oleh karena itu anda harus memperhatikan ukuran masjid agar mendapat ukuran mimbar yang sesuai. Anda harus mempertimbangkannya dengan cermat, jangan sampai mimbar berukuran terlalu kecil ataupun terlalu besar.

  • Pilihlah material bahan yang bagus

Pada dasarnya tidak ada aturan mengenai terbuat dari apa sebuah mimbar. Namun, anda disarankan untuk menggunakan mimbar dengan bahan baku kayu jati yang memang dikenal akan keawetannya dan kekokohannya. Namun, pilihan tetap di tangan anda. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anda harus tetap mengedepankan kualitas, jangan sampai tergiur oleh penawaran harga yang murah.

  • Pilihlah model yang sederhana

Islam telah mengajarkan untuk tidak berlebih-lebihan terhadap sesuatu. Ini juga berlaku terhadap pemilihan mimbar masjid. Anda bisa menggunakan model mimbar masjid yang minimalis. Model ini memiliki ukiran yang cenderung lebih sedikit dan terlihat sederhana.

  • Pilihlah warna yang cocok atau sesuai dengan masjid

Kebanyakan warna yang digunakan adalah coklat atau hitam. Namun, anda harus tetap mempertimbangkan hal ini agar saat digunakan terlihat lebih serasi.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan saat hendak membeli mimbar masjid minimalis. Selain penjelasan-penjelasan di atas, perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya tidak ada perdebatan yang signifikan mengenai bentuk mimbar. Hanya saja, beberapa ahli hadist memberikan batasan tertentu mengenai hal tersebut. Berikut ini beberapa syarat bentuk mimbar masjid:

  1. Memiliki tinggi maksimal 3 anak tangga (tidak boleh terlalu tinggi sebab dikhawatirkan bisa mengganggu shaf shalat di barisan pertama)
  2. Pemberian pintu mimbar sebaiknya tidak perlu
  3. Tidak perlu memberikan kain pembatas, sehingga menghalangi jamaah shalat saat melihat khatib

Nah, beberapa poin di atas kiranya penting untuk anda ketahui supaya paham mengenai batasan-batasan atau aturan penggunaan mimbar masjid. Memang sudah sepatutnya untuk menggunakan mimbar masjid dengan model minimalis. Sebab, Islam sudah mengajarkan bahwa tidak boleh berlebih-lebihan dalam sesuatu. Keberadaan mimbar masjid memang sudah seperti kewajiban dalam sebuah masjid meskipun sebenarnya tidak ada dalam syarat sah shalat. Selain untuk tempat khatib berkhutbah, mimbar masjid juga digunakan untuk petunjuk arah kiblat. Oleh karena itu, mimbar masjid memang harus ada dalam sebuah masjid.

Jika anda hendak membeli mimbar masjid, maka disarankan untuk membeli mimbar dengan model yang minimalis agar tidak terkesan berlebihan. Selain itu mimbar masjid dengan model minimalis tidak akan memakan tempat yang banyak. Ayo segera gunakan mimbar masjid dengan model minimalis.

Menentukan Ukuran Mimbar

Biasanya mimbar masjid minimalis memiliki panjang kurang lebih 90 cm, lebar kurang lebih 60 cm dan tingginya kurang lebih 130 cm. Untuk harga dari mimbar minimalis tentunya sangat beragam. Hal tersebut juga tergantung dari bahan yang digunakan, ukuran, serta tingkat kesulitan.

Harga mimbar masjid minimalis akan lebih mahal ketika mimbar tersebut memiliki ukiran, terlebih lagi ukiranya banyak dan rumit. Pada umumnya mimbar masjid minimalis dengan bahan dari kayu jati non-ukir dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 2,500.000 hingga Rp. 3,000.000 Untuk mimbar minimalis berbahan kayu jati dan memiliki ukiran pada bagian tertentu dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 3,500.000 hingga Rp. 4,500.000.

Dengan harga yang standar tersebut anda sudah bisa mendapatkan mimbar masjid minimalis dengan kualitas terbaik. Seperti yang dudah dijelaskan di atas, jangan sampai anda tergiur oleh penawaran harga muah atau dibawah harga umumnya. Tetap perhatikan kualitas dari mimbar masjid minimalis, agar anda mendapat mimbar masjid minimalis dengan kualitas terbaik dan memiliki daya pakai yang lama. Karena pada dasarnya, harga juga menentukan kualitas dari suatu barang atau produk termasuk mimbar minimalis.

Dengan adanya mimbar masjid minimalis tentunya akan lebih mempelancar jalannya kegiatan agama di masjid termasuk saat khutbah. Oleh karena itu, gunakan mimbar masjid minimalis sekarang juga. Demikian penjelasan mengenai Mimbar Masjid Minimalis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)