Senin-Jum'at: 07.30 - 21.00 Sabtu : 08.00 - 16.00 Minggu: 08.00 - 16.00
081381752588
081381752588
Jumlah = pcs
Keranjang

Memilih Mimbar Masjid Sederhana Kombinasi Stainless Steel yang Berkualitas Baik

Memilih Mimbar Masjid Sederhana Kombinasi Stainless Steel yang Berkualitas Baik
Kategori Mimbar Masjid, Mimbar Masjid 2020, Mimbar Minimalis, Podium Mimbar
Di lihat 37 kali
Harga Rp (Hubungi CS)

Cara Memilih Mimbar Masjid Sederhana yang Berkualitas Baik – Di Indonesia, mimbar sudah tidak asing untuk ditemui. Ini terlihat dalam setiap tempat ibadah, umat muslim khususnya, dari mushola hingga masjid setidaknya memiliki satu mimbar untuk digunakan. Umumnya bentuknya sederhana, terbuat dari kayu dan diletakkan di samping mihrab atau tempat sholat imam.

Mimbar merupakan adaptasi kata dari bahasa Arab, minbar, yang memiliki makna sebagai tempat berdirinya imam untuk membacakan khutbah. Dahulu, bentuk mimbar masih sederhana, yakni hanya tangga yang terbuat dari kayu. Dalam perkembangannya, bentuk dan jenisnya kian beragam dan memiliki hiasan yang unik.

Sejarah Mimbar Masjid

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mimbar masjid sederhana pada zaman Rasulullah, sebab fungsinya hanya sebagai tempat berdiri imam agar suaranya terdengar oleh jamaah. Letak mimbar dianjurkan di sebelah kanan mihrab, dan kedudukannya menghadap kearah kiblat. Hal tersebut sama seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi saw ketika menjadi melakukan khutbah atau menjadi imam shalat.

Desain mimbar juga tidak memiliki batasan, namun sebaiknya menggunakan unsur-unsur yang tidak menimbulkan pertentangan ummat, misalnya dengan menggunakan dekorasi hewan dan manusia. Karena sesuai dengan syariat Islam, ornamen sebaiknya merupakan benda atau makhluk yang tidak mengkultuskan suatu dzat. Pilihan yang tepat adalah menggunakan bentuk dekorasi tumbuhan atau kaligrafi.

Mimbar juga mengikuti perkembangan zaman dengan desainnya yang makin unik, dan disesuaikan dengan ciri khas dan arsitektur masjid. Bahan pembuatnya juga semakin beragam, tidak hanya terbatas dari kayu saja. Keunikan tersebut diharapkan menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah masjid.

Cara Memilih Mimbar Masjid Sederhana

Karena fungsinya yang penting tersebut, mimbar masjid sederhana pun harus dipilih yang tahan lama dan bisa digunakan berkepanjangan. Dengan begitu, sebagai pengelola masjid, Anda tidak terus membeli mimbar baru setiap tahunnya.

Untuk itu, berikut merupakan tips dan cara mudah untuk memilih mimbar yang tidak hanya terjangkau, namun memiliki kualitas dan desain yang menarik.

  1. Bahan Baku yang Digunakan

Bahan baku pembuatam mimbar merupakan yang hal pertama yang harus Anda perhatikan, karena jenis bahan juga akan berpengaruh pada daya tahan mimbar. Bahan yang sering digunakan untuk membuat mimbar biasanya kayu jati ataupun mahoni karena daya tahan kayunya yang tinggi.

Namun jika Anda hendak menggunakan bahan lain, sebaiknya pertimbangkan dan diskusikan terlebih dahulu dengan pengrajin mimbar. Dengan begitu Anda akan mendapatkan pandangan terkait kekuatan dan daya tahan mimbar ke depannya. Jika memilih menggunakan kayu, tanyakan umur kayu berikut dan perhatikan serat yang dihasilkan.

  • Bentuk dan Konstruksi Mimbar

Walaupun mimbar masjid sederhana, harusnya ia memiliki bentuk yang baik dengan konstruksi yang kuat. Bahan yang baik akan menghasilkan bentuk yang sama baiknya, asalkan proses perakitan dan pembuatan berjalan dengan lancar. Karena hendak digunakan dalam rentang waktu yang lama, sebaiknya pilih mimbar dengan konstruksi yang kuat.

Jika Anda baru pertama kali membeli mimbar, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu terkait contoh dan mimbar yang telah dibuat oleh pengrajin. Dengan begitu, Anda mendapatkan gambaran terkait kualitas dan prakiraan konstruksi mimbar yang nantinya akan di dapatkan.

  • Ukuran Mimbar

Mimbar biasanya berukuran sedang, dan bisa dipesan oleh pelanggan apabila diperlukan. Namun sebainya Anda ukur terlebih tempat untuk meletakkan mimbar di dalam masjid, sehingga tidak menabrak ruangan lain, atau malah terlalu kecil yang nantinya akan membuat fungsi mimbar menjadi tidak maksimal.

Anda tetap bisa meminta request jika memang standar ukurannya berbeda dengan ukuran masjidnya, karena umumnya masing-masing pengrajin mimbar masjid sederhana biasanya memiliki standar sendiri terkait ukuran, namun Diskusikan terlebih dahulu dengan pengelola masjid dan pengrajin mimbar agar tidak salah paham antara satu dengan yang lain.

  • Desain yang Hendak Dipilih

Untuk jenis dan variasi desain, saat ini ada banyak yang bisa Anda pilih, namun sesuaikan pula dengan arsitektur masjid dan pengelola masjid. Karena hendak digunakan dalam jangka waktu yang lama, perhatikan desain yang digunakan sehingga tidak menimbulkan polemik di masa yang akan datang.

Sebaiknya pilih desain yang sesuai dengan syariat Islam, yakni mimbar dengan dekorasi tumbuhan, sulur, dan dedaunan serta menghindari mimbar yang berdekorasi hewan dan manusia. Akan lebih baik jika menggunakan mimbar yang memiliki desain kaligrafi, dengan begitu unsur islamnya tidak tertinggal.

  • Pilih Toko atau Pengrajin yang Terpercaya

Ketika Anda hendak membeli mimbar masjid sederhana, sebaiknya perhatikan pengrajin atau tempat dimana Anda hendak membelinya. Pastikan Anda sudah mengetahui track record maupun contoh hasil mimbar yang telah mereka buat. Dengan begitu, Anda tidak perlu mempertanyakan kualitas mimbar yang akan Anda dapatkan.

Apabila Anda belum memiliki pengrajin langganan, sebaiknya meminta rekomendasi terlebih dahulu kepada mereka yang sudah pernah membeli mimbar. Mencari rekomendasi dari internet juga bisa membantu Anda, sehingga Anda sudah mendapatkan pengetahuan singkat mengenai deksripsi mimbar dan jenis-jenisnya terlebih dahulu.

Jika Anda membeli dengan metode daring, sebaiknya minta portofolio terkait hasil yang telah dibuat gerai kerajinan mimbar tersebut. Jangan mudah tergoda dengan desain yang menarik dan harga murah, karena kualitas tentu sebanding dengan harga yang ditawarkan. Namun pastikan memang Anda sudah melakukan pemeriksaan dan riset harga mimbar terlebih dahulu, sehingga tidak ditipu oleh pengrajin dengan harga yang mahal.

Akan lebih baik apabila Anda membeli mimbar masjid sederhana di gerai kerajinan yang dekat dengan rumah Anda. Sehingga Anda bisa menekan ongkos kirim dan harga yang lebih terjangkau karena menggunakan bahan baku lokal. Anda juga bisa datang langsung ke lokasi atau toko dan melihat secara langsung mimbar-mimbar yang telah mereka buat.

Terdapat beberapa desain yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih dan membeli mimbar untuk masjid, diantaranya adalah:

  1. Mimbar masjid minimalis, biasanya memiliki bentuk yang lebih ramping dengan desain dekorasi yang sederhana. Bahan pembuatnya beragam, dari kayu, besi, hingga menggunakan plastik khusus yang keras. Dari segi ukuran ia bisa menyesuaikan pesanan dan bisa dipindah-pindah dengan mudah apabila diperlukan.
  2. Mimbar masjid mewah, memiliki ukuran yang cenderung besar dan memiliki dekorasi yang banyak dan menumpuk. Beberapa varian memiliki tambahan kubah maupun dinding di belakangnya, sehingga memberikan kesan yang mewah dan berwibawa.
  3. Mimbar ukiran, walaupun tidak termasuk mimbar masjid sederhana, namun ia tetap bisa Anda pilih untuk masjid yang memiliki tema dan arsitektur yang serupa. Mimbar dengan ukiran juga memiliki ukiran yang bertumpuk dan beragam, namun ukurannya tidak sebesar mimbar mewah sebelumnya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana memilih mimbar masjid sederhana, semoga bisa membantu Anda untuk mendapatkan mimbar yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk informasi dan penjelasan yang lebih mendalam, Anda bisa langsung menghubungi pengrajin mimbar di dekat tempat tinggal Anda.  

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)